0 Pelaksanaan PAS Ganjil SMAIT Ibnu Sina Makassar Tahun Ajaran 2021/2022
SEKILAS INFO
: - Senin, 24-01-2022
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Pelaksanaan PAS Ganjil SMAIT Ibnu Sina Makassar Tahun Ajaran 2021/2022

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil dilaksanakan oleh SMAIT ibnu Sina Makassar pada tanggal 6 sampai 10 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester untuk mengukur pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran yang telah dipelajari selama 6 bulan terakhir. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik mulai dari kelas X, kelas XI dan kelas XII jurusan IPA maupun IPS. Kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 07.30 sampai pukul 14.30 dengan durasi 1 Jam 30 menit dengan 3 mata pelajaran setiap harinya.

PAS yang dilaksanakan pada semester ini tidak berbeda dari yang dilaksanakan sebelumnya, yakni secara online menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Meskipun pelaksanaan PAS di beberapa sekolah telah dilaksanakan secara offline dan sudah ada surat resmi dari pemerintah setempat untuk melasksanakan ujian secara offline, akan tetapi di SMAIT Ibnu Sina Makassar sendiri masih belum memungkinkan untuk melaksanakannya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan di antaranya adalah pernyataan kepala SMAIT Ibnu Sina Makassar yang mengatakan bahwa pelaksanaan ujian secara tatap muka belum bisa dilaksanakan pada semester ini karena mempertimbangkan kondisi yang masih dalam masa pandemi dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah pun terlaksana sebagian besar secara online yang kita ketahui bersama berjalan dengan tidak efektif meskipun pelaksanaan pembelajaran melalui video konferensi melalui aplikasi Microsoft Teams.

Adapun bentuk ujian yang dilaksanakan yaitu ujian secara tertulis, portofolio, praktik, dan ujian secara lisan. Bentuk ujian ini diatur oleh guru mata pelajaran masing-masing dengan mempertimbangan materi serta kondisi kelas atau siswa yang mengikuti ujian. Oleh karena itu setiap kelas mendapatkan beberapa bentuk ujian yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Meskipun bentuk ujian telah diatur dan telah dipertimbangkan dengan baik oleh guru mata pelajaran, akan tetapi masih ada kemungkinan kecurangan dalam pelaksanaan ujian tersebut. Oleh karena itu, para guru dan wali kelas mengusahakan agar tetap melakukan video konferensi ketika ujian tertulis dilaksanakan serta mengingatkan ananda untuk mengerjakan ujian dengan penuh kejujuran dan senantiasa merasa diawasi oleh Allah subhanahu wata’ala. Karena sejatinya bukan angka-angka atau nilai yang menjadi tujuan dalam menuntut ilmu akan tetapi ilmu dan keberkahan ilmu itu sendiri.

Pelaksanaan ujian secara online ini alhamdulillah berjalan dengan baik meskipun masih ada kendala pada saat pelaksanaannya. Di antara kendala tersebut adalah kondisi jaringan yang tidak stabil, aplikasi atau link ujian yang terkadang error sehingga waktu ujian pun berkurang.  Akan tetapi, semua kendala tersebut dapat diatasi dengan baik. Tentunya pelaksanaan ujian ini dapat berjalan dengan baik atas kerja sama antara siswa, guru, orang tua serta seluruh pihak yang terlibat. Oleh karena itu pengganggung jawab mengucapkan jazakumullahu khairan dan semoga ananda sekalian mendapatkan tambahan ilmu sehingga dengan ilmu itu mampu mengantarkan ananda menjadi generasi rabbi radhiyyah seperti yang diharapkan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR